Mengapa Upah Penulis Artikel Murah? Ini Alasannya - Leo Setiawan

Friday, January 25, 2019

Mengapa Upah Penulis Artikel Murah? Ini Alasannya

Upah Penulis Artikel

Jika berbicara tentang upah penulis artikel, khususnya penulis artikel freelance atau lepas, terkadang membuat hati miris.

Kenapa?

Karena upahnya sangatlah murah. Padahal, menulis artikel itu bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi jika artikel harus panjang dan benar-benar fresh.

Namun, semua itu pasti ada alasannya. Dan berikut ini beberapa alasan yang menyebabkan upah penulis artikel itu murah.

1. Bisa Dilakukan Semua Orang


Menulis itu bisa dilakukan oleh semua orang, dan itulah yang ada di pikiran para pemberi kerja ketika merekrut seorang penulis.

Katakanlah kamu tidak memiliki pengetahuan tentang penulisan artikel, maka untuk mengetahuinya, kamu bisa belajar secara autodidak.

Ada banyak sekali penulis artikel yang belajar dari nol, dan ketika mereka berhasil mendapatkan pekerjaan menulis, tulisan yang mereka buat pun membutuhkan banyak perbaikan.

Dan alasan tersebutlah yang membuat upah penulis artikel murah, karena siapa pun orangnya bisa menjadi penulis artikel.

2. Menawarkan Harga Murah


Jika menengok situs projects.co.id, kamu akan menjumpai Freelancer yang rela dibayar Rp100 ribu untuk 20 artikel dengan panjang 500 hingga 800 kata.

Itu artinya untuk satu artikel, mereka hanya dihargai Rp5 ribu. Padahal, menulis artikel itu tidak mudah, apalagi jika artikel harus panjang dan juga SEO.

Apakah salah?

Tentu tidak salah, karena mereka sendiri yang mau dibayar murah. Hanya saja yang menjadi masalah adalah pasaran artikel akan menjadi murah ketika banyak penulis yang menawarkan harga murah.

Jika ingin upah penulis artikel tinggi atau yang lebih tepatnya manusiawi, tentu para pelaku upah murah harus menaikkan harga agar mereka yang bekerja sebagai penulis artikel lebih dihargai.

Setuju?

3. Terdesak Kebutuhan


Alasan ini adalah alasan yang tidak bisa dipungkiri, karena hidup memang erat hubungannya dengan sakit, bahagia, terdesak, dan lapang.

Ada banyak penulis artikel yang rela menurunkan harga, karena sedang terdesak kebutuhan, dan ketika keadaan tersebut datang, maka mau tak mau mereka harus menurunkan harga jasa penulisan artikel.

Saya sendiri juga pernah melakukannya.

Ketiga alasan yang sudah disebutkan di atas berhubungan satu sama lain. Dan untuk kamu yang saat ini menjadi penulis artikel lepas, jangan lupa memperbanyak portofolio.

Mengapa?

Karena dengan memiliki portofolio, kamu bisa menaikkan harga dari artikel yang kamu buat.

Lagipula untuk menaikkan harga itu tidak mudah, karena ketika harga artikel kita naikkan, pasti sang pemberi kerja akan memeriksa atau ingin tahu portofolio yang kita miliki.

Jika portofolio bagus, pasti sang pemberi kerja berkenan harga artikelnya dinaikkan. Adapun jika portofolio tidak bagus atau bahkan tidak ada, maka sulit untuk menawarkan harga yang lebih tinggi.

Upah Penulis Artikel Tidak Selamanya Murah


Memang benar jika upah penulis artikel itu tidak selamanya murah, karena di luaran sana ada beberapa situs yang membayar penulis lepasnya dengan bayaran yang cukup besar.

Namun agar artikel yang dikirimkan bisa lolos biasanya cukup sulit, karena makin besar bayaran yang diberikan, tulisan-tulisan yang dikirim pun akan diseleksi secara ketat.

Tertarik menjadi penulis artikel?

Jika tertarik menjadi penulis artikel, maka silakan kamu melamar ke beberapa perusahaan media yang membuka lowongan kerja content writer.

Dengan melamar kerja ke beberapa perusahaan media, maka kamu tidak perlu khawatir mendapatkan upah murah.

Bagaimana?

Seorang penulis artikel juga bisa naik kasta, yaitu memiliki blog sendiri yang menghasilkan atau membuat karya dengan menulis buku.

Menurut saya untuk meningkatkan upah penulis artikel itu cukup sulit, karena setiap hari selalu ada pendatang baru yang siap meramaikan dunia tulis menulis di Indonesia.

Bagaimana menurut kalian?
Comments

Untuk anda yang masih awam ngeblog khususnya di Blogger

mungkin anda tertarik ketika anda melihat blog-blog lain (termasuk blog ini)

menampilkan pesan/peraturan di atas kotak komentar blognya.
EmoticonEmoticon